Toples Kroto Ditinggal Penghuni

toples kroto kosongBeberapa toples kroto yang penuh sarang tiba-tiba ditinggal pergi atau dirusak sarangnya sehingga kosong? Jangan panik masbro. Ini perilaku wajar.
Pada setiap periode tetasan, atau istilah gampangnya pas semut akan bertelur, mereka buat lapisan sarang. Jika pd toples atau media baru yang kosong mereka membuat sarang baru, maka pd toples/media yg sudah ada sarang mereka hanya membuat lapisan baru. Begitu seterusnya berulang-ulang. Nah pada media sempit, lapisan sarang baru sering menutup lubang labirin ventilasi. Ini memicu perusakan sarang. Toples akan dirajut kembali sesuai fungsinya jk masih dirasa bersih.

Fungsi Toples Kroto

Pada toples pararel, sering fungsi tiap toples kroto berbeda. Ada toples buat nelur, ada yg buat membesarkan telur, ada yg buat kawin, ada yg buat restorasi dst. Nah kondisi sarang disesuaikan dgn fungsi. Alih fungsi toples jg memicu pembentukan/perusakan sarang. Misal toples kroto pindahan full sarang, mk bbrp akan dirusak utk toples kroto dgn fungsi yg lain. Toples penampung makanan sering kita temukan berjamur. Itu semua normal, kita hanya perlu mengganti toples kroto jamuren dgn toples kroto baru atau yg sudah dicuci. Begitu seterusnya, dlm jumlah banyak bisa tiap hari kita temukan toples kosong ditinggal penghuni.

Seperti pada sarang semut rangrang di alam, fungsi toples pada satu kandang besar sangat sulit kita atur. Pilihan utk digunakan sebagai toples tempat kroto, restorasi, penampung makanan, sarang ratu, tempat larva dst diatur oleh semut sendiri. Pengaturan ini menyesuaikan dengan letak toples, dengan mempertimbangkan cahaya, jalur, ventilasi dan sirkulasi baik itu mobilitas pakan, pekerja, udara maupun  suhu.

Kita hanya dapat membantu sedikit, misal dengan memperbanyak jalur lalu lintas dari toples ke toples maupun dari toples ke makanan. Jalur yang sulit akan berpotensi semut pindah ke media lain yang lebih populer dengan lalu lintas mudah. Pada kandang rak dengan dua atau lebih tingkat, rak bawah berpotensi lebih besar utk ditinggalkan, karena memang juga ada kecenderungan semut naik ke atas.

Penyebab lain adalah karena sisa-sisa makanan yg tak dapat dikeluarkan oleh semut sehingga membusuk. Gas dari pembusukan sisa makanan membuat semut tidak nyaman sehingga meninggalkan sarang.

Panas yg berlebihan juga memicu semut meninggalkan sarang. Semakin dingin kandang semakin bagus, hanya saja kelembaban perlu diperhatikan karena kandang yang lembab sangat disukai jamur.

Kesimpulan penyebab toples kroto kosong

  1. Jalur lalu lintas sulit atau terhalang. Toples yg lebih mudah dijangkau akan lebih penuh penghuni.
  2. Kecenderungan semut rangrang pekerja mendekati sarang ratu dan makanan.
  3. Kecenderungan semut naik pada bidang yg lebih tinggi/atas.
  4. Intimidasi, baik dari alam(panas, sumpek, bau dst) maupun dari gangguan luar. Misal bau oli jika pembatas menggunakan oli.
  5. Kotor, karena jamur sisa makanan maupun sarang yg sudah terlalu lama/tua.
  6. Alih fungsi sarang, karena ada pemindahan.
  7. Jalur buntu/sempit, baik pada tengah media maupun pada pintu keluar masuk semut. Bisa karena makanan/benda asing yg dibawa semut maupun labirin/sarang semut itu sendiri.
  8. Kekurangan populasi, akibat banyak kematian atau memang kita terlalu banyak memberikan media tempat sarang.
  9. Panen kroto dengan cara yg salah. Intimidasi atau perusakan berlebihan atau pengambilan kroto dengan tidak mempertimbangkan regenerasi.
  10. Penemuan jalur ekspansi baru pada sisi lain rak, hal ini akan mengurangi jumlah konsentrasi populasi pada sisi yg lain.

Nah toooo, susah tooo

Print Friendly, PDF & Email

Related Images: