Toples Kroto Ditinggal Penghuni

toples-kosongBeberapa toples kroto full sarang tiba-tiba ditinggal pergi atau dirusak sarangnya sehingga kosong? Jangan panik masbro. Ini perilaku wajar.
Pada setiap periode tetasan, atau istilah gampangnya pas semut mau nelor, mereka buat lapisan sarang. Jika pd toples kroto kosong mereka membuat sarang baru, maka pd toples kroto yg sudah ada sarang mereka hanya membuat lapisan baru. Begitu seterusnya berulang-ulang. Nah pd toples sempit, lapisan sarang baru sering menutup lubang labirin ventilasi. Ini memicu perusakan sarang. Toples akan dirajut kembali sesuai fungsinya jk masih dirasa bersih.

Pada toples pararel, sering fungsi tiap toples kroto berbeda. Ada toples buat nelur, ada yg buat membesarkan telur, ada yg buat kawin, ada yg buat restorasi dst. Nah kondisi sarang disesuaikan dgn fungsi. Alih fungsi toples kroto jg memicu pembentukan/perusakan sarang. Misal toples kroto pindahan full sarang, mk bbrp akan dirusak utk toples kroto dgn fungsi yg lain. Toples penampung makanan sering kita temukan berjamur.
Itu semua normal, kita hanya perlu mengganti toples kroto jamuren dgn toples kroto baru atau yg sudah dicuci. Begitu seterusnya, dlm jumlah banyak bisa tiap hari kita temukan toples kroto kosong.

Penyebab lain adalah karena sisa-sisa makanan yg ditak dapat dikeluarkan oleh semut sehingga membusuk. Gas dari pembusukan sisa makanan membuat semut tidak nyaman sehingga meninggalkan sarang.

Panas yg berlebihan juga memicu semut meninggalkan sarang. Semakin dingin kandang semakin bagus, hanya saja kelembaban perlu diperhatikan karena kandang yang lembab sangat disukai jamur.

Nah toooo, susah tooo