Menggabungkan Ratu ke Dalam Koloni

Untuk ratu hasil buruan biasanya tidak disertai semut pekerja pendukung ratu. Jika langsung kita letakkan di rak dgn koloni besar ada sedikit masalah meskipun tidak sering terjadi. Hal ini tidak mutlak, karena memang ratu mempunyai daya tarik tersendiri bagi koloni. Seringnya ratu tetap bisa diterima meskipun dari koloni lain. Namun tak jarang pula jika koloni terlalu berbeda habitat dan pola hidup, ratu harus disesuaikan dulu sebelum digabung. Berikut beberapa cara menggabungkan ratu. Satu kelompok menarik ke arah toples.

Menggabungkan Ratu ke Dalam Koloni

Menggabungkan Ratu ke Dalam Koloni

Ketika ratu kita letakkan, ada semacam perebutan ratu antar sub koloni.

A. Kelompok yang lain menarik ke toples

B. Hal ini menyebabkan cacat fisik seperti putus kaki, putus antena dst. Inilah yang memicu keluarnya cairan dlm tubuh ratu sehingga asumsi semut yg baru bergabung dlm proses ini menganggap ratu cacat atau bahkan dianggap buruan. Ini yg memicu pembantaian ratu.

Menggabungkan Ratu


Solusinya adalah kita siapkan rak kecil untuk karantina. Tidak perlu berukuran besar, karena sifatnya memang hanya sementara.

Kita masukkan ratu ke dalam toples kosong, ambil beberapa semut pekerja dan tunggu sampai mereka berinteraksi. Harus extra sabar karena proses pencampuran ratu dengan pekerja dilakukan secara amat perlahan. Satu per satu pekerja kita ambil dan campurkan. Bisa dengan membuat jembatan antara rak koloni dengan rak karantina. Alur pekerja yg ke arah rak karantina kita atur sedemikian rupa sehingga jumlah pekerja hanya sedikit saja. Lakukan berulang-ulang sampai jumlah pekerja yang bergumul dengan ratu mencukupi. Kira-kira sudah lebih dari 100 ekor.

Semut pekerja akan mendatangi dan bergumul dgn ratu, menarik dan mendorong dengan arah yg kompak.

Tambahkan sedikit demi sedikit hingga terjadi gumpalan semut. Pada proses ini mereka akan mulai menyuapi ratu, dan ratu akan merespon dgn bertelur bbrp saat kemudian.
Setelah beberapa jam, toples ratu siap dicampur ke dalam koloni besar.
Toples utk ratu dilubangi, agar ratu tidak bisa keluar toples tp semut pekerja dpt leluasa masuk utk menyuapi ratu dan memindah telur keluar. Namun tetap harus dalam pantauan, karena jika lubang tersebut terlalu sempit melukai ratu, akan mengakibatkan cacat ratu. Dan akhirnya malah ratu dibantai.
Lakukan dengan tersenyum 🙂

Related Images: