Budidaya Kroto – Rak

Idealnya kandang atau tempat habitat buatan untuk rak budidaya kroto semut rangrang adalah tempat terbuka namun tetap sejuk/teduh. Suhu yang baik antara 20º – 33º C. Untuk media toples, suhu diatas 33º C semut tidak akan betah bertahan dan membuat sarang di dalam toples.
Pastikan rak dalam kandang tidak terkena sinar matahari langsung meskipun sebentar. Karena biasanya di pagi atau sore hari sinar matahari masuk dari sisi samping kandang.
Tipe kandang semut adalah isolatif, dengan menggunakan air pada pembatas rak. Keamanan luar juga wajib kita jaga untuk menghindari sampah luar dan gangguan hewan. Bisa dengan paranet ataupun pagar bambu dan lain sebagainya.
budidaya krotoKarena kecenderungan semut naik ke atas, sebaiknya rak budidaya kroto cukup 1 atau dua tingkat saja. Ditambah tingkat paling bawah sebagai tempat meletakkan makanan, dan lahan perburuan.

Rak budidaya kroto yg terbawah dibuat rapat, bisa dgn triplex ataupun bahan lain untuk menjaga semut/makanan agar tidak jatuh ke bawah. Rak budidaya kroto bagian atas, sebagai tempat toples dibuat dgn bambu. Selain murah, kuat, juga banyak celah sehingga semut mudah keluar masuk sarang. Ini juga agar waktu perpindahan toples semut tidak terjepit.

Selain sebagai penguat rangka serta pembatas toples agar tidak jatuh, lajur belakang rak berfungsi agar sosialisasi semut antar baris berjalan lancar.

Mempersingkat jalur perburuan semut ke lapisan rak kroto bawah dan sebaliknya sehingga sirkulasi penyebaran semut dapat merata hingga ke sudut-sudut yang paling sulit pada rak kandang semut.

Kerapian bentuk rak juga mempengaruhi kemudahan kita mengelola kandang. Karena pada prakteknya nanti saat memegang toples semut kita lakukan secepat mungkin atau tidak bisa berlama-lama dikarenakan sifat semut yang agresif. Ukuran rak juga baiknya kita sesuaikan denga tinggi badan kita.

 

 

Gambar contoh rak budidaya kroto berukuran 180 X 60cm, cukup untuk 120 toples sosis, dibagi pada dua tingkat masing-masing 60 toples.
Idealnya diberi 4 – 12 ekor ratu semut, diletakkan pada pojok rak kroto.

Related Images: