Tujuan Beternak Semut Rangrang

Kebanyakan tujuan dari beternak semut rangrang adalah untuk mendapatkan telur atau anakan semut rangrang yang lebih familiar disebut Kroto. Sedangkan kroto sendiri berfungsi untuk pakan burung kicau atau hewan lain, umpan pancing, kosmetik, dan bahan obat. Untuk konsumsi, kroto semut rangrang dapat dimanfaatkan langsung sebagai sumber protein dan asam lemak, terutama larva semut yang dapat dimakan langsung. Di beberapa negara, kelezatan semut rangrang mempunyai harga sangat tinggi, dan dipanen dalam jumlah besar, dengan cara ini semut rangrang berkontribusi terhadap sosial ekonomi lokal. Di Thailand Utara harga larva semut rangrang dua kali harga daging sapi berkualitas baik.
Ada pula peternakan semut rangrang yang difungsikan untuk penelitian dan pendidikan, rata-rata dilakukan oleh instansi atau laboratorium. Baik itu meneliti semut itu sendiri maupun penelitian manfaat dan hubungan semut rangrang dengan hewan lain, lingkungan, maupun manusia.
Semut rangrang yang bersifat predator dan agresif ini sering digunakan sebagai biokontrol agen pengendali hama pada perkebunan tropis untuk meningkatkan produksi tanaman, seperti yang dilakukan petani mete di Australia dan petani kakao di Vietnam. Selain beberapa manfaat tersebut, semut rangrang juga digunakan sebagai salah satu alat pengobatan medis seperti yang dilakukan di China dan India.
Beberapa pecinta serangga beternak semut rangrang khusus memang karena kesenangan atau hoby. Kalau kita lihat di internet banyak sekali group pecinta serangga, dan salah satu pet atau peliharaannya memang koloni semut rangrang. Dipelihara di dalam formicarium, yakni wadah khusus untuk memelihara semut, dengan tampilan dan fungsi yang mengedepankan estetika sehingga layak untuk pajangan di dalam rumah.