Persiapan Bibit Semut Kroto

Pernah beli bibit penuh kroto, lalu sampean pelihara gak sampai sebulan semut makin habis mati dan bubar?
Sejatinya semut ternakan jg berasal dr semut buruan, tp perlu penanganan khusus utk bisa kontinyu menghasilkan. Semut dr alam perlu adaptasi utk bisa hidup di habitat rak yg notabene pakan serta tempat sedikit kita paksa sesuai keinginan kita.

Perlu sedikitnya 2x periode bertelur utk dpt dibudidayakan secara stabil, krn semut dewasa yg kita ambil dr alam butuh pemandu utk terbiasa minum air gula dan makan pd lahan buruan yg terbatas. Sebagian besar semut pd akhirnya tdk dapat bertahan. Yg kita dapat harapkan hanyalah kroto yg terbawa kemudian besar di dalam habitat rak.

Semut dari kroto bawaan ini pun masih kurang maksimal, krn asupan makanan yg disuapkan jelas terganggu pd saat pemindahan serta daya serap semut dewasa terhadap makanan yg kita sediakan jg blm maksimal krn blm terbiasa. Hasilnya adalah semut dgn pertumbuhan yg terhambat. Pada periode berikutnya baru kroto akan berkembang sempurna. Berukuran lbh besar dan menyantap habis makanan yg kita sediakan.

Inilah bibit semut yg kita harapkan. Dua periode berikutnya adalah pengembangan koloni agar regenerasi terjamin. Dan periode tetasan kelima baru sampean boleh berfikir utk panen kroto. So…, perlu jeli utk memilih bibit, dan perlu kesabaran extra utk dapat mencapai panen. Cukup sulit bukan? Jadi, kl sampean terburu-buru mikir panen, jgn pernah beternak, ra bakal dadi…. bakul sosis wae, nek ra payu iso dipangan dewe.

Mencari Bibit Semut dari Alam

Memang hal ini sudah sangat susah dilakukan, mengingat sumber daya yang semakin menipis karena tentu saja efek perburuan yang dilakukan manusia. Hanya saja, tidak semua orang tinggal dan berkesempatan berburu, entah karena alam daerah tinggal di perkotaan misalnya, atau memang mereka tidak punya waktu luang untuk perburuan.

Namun begitu, ada sisi baik dalam pembelajaran, dengan berburu di alam kita setidaknya dapat mempelajari apa dan bagaimana semut di habitat aslinya. Kita bisa merasakan gigitan, tahu tinggi rendah dan suhu sarang, apa saja yg ada disarang, hewan apasaja yang dimakan dan lain-lain. ( baca : Logika Budidaya )

Adapun hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam perburuan semut antara lain :

  1. Gunting dahan
  2. Karung
  3. Sarung tangan karet dan tepung kanji
  4. Kopi dan rokok bila perlu

Buat box perburuan semut dr triplex atau bilah bambu yg dilapisi karung/kardus. Yg penting semut tidak bisa tercecer.

gambar dan photo semut krotojogja

Ukuran 50 X 100 dgn kedalaman 50 sudah cukup. Makin besar makin leluasa dan muatan sarang dr perburuan semakin banyak.
Hasil sarang buruan dr alam yg kita bawa dengan karung/plastik dimasukkan ke box bersamaan. Usahakan sore hari saat suhu tidak panas.
Beri anyaman kawat/bambu/besi di sebagian atas box perburuan semut. Untuk meletakkan toples/kardus/media apapun. Fungsinya agar letaknya tetap lebih tinggi. Anyaman lbh efektif krn banyak lubang ke arah toples. Sehingga memudahkan jalur.
Untuk toples besar/kardus bisa dipercepat dgn memasukkan beberapa sarang yg masih utuh. Fungsinya untuk memancing agar semut mempunyai jalur ke arah sarang dominan. Semut panik selama mobilitas kita berburu dan tidak menemukan jalur ke arah sarang permanen. Bisa juga pancingan dgn semut lama yang sudah bersarang di dalam toples.

Setelah pancingan diletakkan, toples/kardus di atas box jgn disentuh atau digoyang krn akan mengganggu proses perajutan dan adaptasi dgn sesama semut dr lain sarang.
Semakin banyak sarang semakin mudah teori ini dilakukan. Koloni dibawah 1 liter hanya akan habis berkelahi. Jadi ada baiknya sarang kecil ditinggalkan saja kalau tidak ada sarang-sarang lain yg berisi banyak semut.
Proses ini berlangsung semalaman. Sesekali intimidasi bagian bawah box tempat penampung. Dipukul-pukul atau dispray dgn sedikit air murni.

Sore hari berikutnya baru buruan dr alam yg sudah masuk media bisa dipindahkan ke koloni rak lama.
Kita harus menunggu semut dr alam tenang krn jika langsung kita campurkan saat siaga keagresifan semut buruan akan memicu perkelahian dgn koloni lama. Fatal.
Baca trik menyatukan semut beda koloni

“Harus sabar dan telaten. Ora wedi dicokot. Nek pengen cepet, ambil saja di kandang saya. Ning mbayar”

Membeli Bibit Semut

Paling mudah dan murah, karena berburu selain membutuhkan keahlian juga banyak sekali alat yang diperlukan, dan itu tidak murah. Belum tentu pula akan mendapatkan hasil.

Perlu kehati-hatian dalam hal ini, terutama jika Sampean membeli online. Banyak hal yang menjadi iming-iming budidaya. Ada dua potensi penipuan disini jika Sampean tidak hati-hati.

Pertama, penipuan langsung. Sampean transfer, tapi barang tak kunjung datang. Tekor sodara… Ini bisa jadi karena memang ada niatan penjual untuk menipu dari awal, bisa juga karena penjual yang tanpa pengalaman mengirim asal mengiyakan saja. Kesulitan pengiriman bibit semut tidak seperti mengirim benda mati pada umumnya. Hanya penjual yang paham rute dan jalur ekspedisi saja yang mampu mengirim semut hingga ke tempat tujuan. Pastikan saja.

Kedua, tertipu iming-iming. Harga murah dan segepok rayuan hasil bisa jadi membuat Sampean lupa. Hanya bibit kroto yang berasal dari tetasan kandang yang bisa Sampean pelihara, bukan langsung dari alam. Kesulitan adaptasi di lingkungan baru akan membuat semut hanya bertahan beberapa bulan saja.

Score Artikel
[Total: 1 Average: 5]

Copied!