Kasta Semut

Seperti halnya serangga koloni lain, semut juga terbagi dalam berbagai kasta. Khususnya semut rangrang, kasta semut lebih sederhana. Terbagi menjadi ratu, pekerja/prajurit, perawat, dan pejantan.
Tidak seperti semut api atau serangga lain, pekerja dan prajurit semut rangrang notabene sama, baik secara tugas maupun penampakan fisik. Pada semut api atau rayap, prajurit mempunyai organ senjata yang dominan menonjol, seperti kepala sampai gigi semut.

Semut rangrang lebih fleksibel, pekerja maupun perawat mampu berfungsi sebagai prajurit kala situasi membutuhkan. Pejantan juga muncul hanya ketika calon ratu sudah menginjak dewasa membutuhkan pembuahan. Dan mati habis setelah perkawinan.

Efektifitas kehidupan semut rangrang penghasil kroto inilah yang membuat bagus buat pertimbangan budidaya. Karena memang tak hanya semut ini yg mampu menghasilkan kroto. Ada banyak semut lain yg juga telurnya bagus utk kebutuhan suplemen pakan atau konsumsi.
Penjelasan tentang masing-masing kasta dapat kita temukan pada artikel lain di website ini,monggo di baca satu persatu.

  1. Ratu Semut
    Merupakan betina fertil berukuran antara 15-18 mm, tubuh berwarna coklat tua, tidak bersayap. Ratu muda bersayap dan akan hilang setelah prosesi perkawinan. Sayap hanya berfumgsi ketika prosesi kawin terbang.
    Ratu semut akan mulai bertelur dalam sarang dengan suhu 23-27derajat Celcius dan intensitas cahaya sebesar 0,01-0,06 lm/m2. Tingkat keasaman sarang akan berpengaruh terhadap jenis telur yang akan ditetaskan. Baca artikel lengkap tentang Ratu Semut Rangrang.
  2. Pekerja/Prajurit
    Betina infertil, dengan ukuran 8mm – 12mm. Berwarna coklat kemerahan.Tidak seperti serangga koloni lain, pekerja maupun prajurit pada semut rangrang adalah sama, berbeda fungsi saja menurut situasi yang dibutuhkan.
  3. Perawat
    Betina infertil dengan ukuran 5mm – 7mm, bertugas untuk merawat dan memindahkan telur dan larva mikro. Populasi kurang lebih 10% dari total koloni.
  4. Pejantan
    Dengan postur seukuran dengan pekerja, namun memiliki tampilan fisik berkebalikan yakni berdada besar dan perut kecil dan juga bersayap. Berwarna hitam legam. Hanya muncul ketika periode ratu, sekitar bulan kedua setelah calon ratu muncul.
Score Artikel
[Total: 3 Average: 3.7]

Copied!