Ternak Kroto Jogja – Transplantasi Calon Ratu Zen Febri

Ternak kroto pada dasarnya adalah ilmu baru yang belum umum. Artinya perlu pemikiran lebih yang tidak dapat mengandalkan satu orang saja. Harus didukung pula oleh pembuktian berdasarkan waktu dan tempat. Bisa jadi hasil bagus dilakukan si A, tapi tidak bisa dilakukan oleh yang lainnya. Waktu pembuktian juga mutlak, dalam artian bisa terjaga kesinambungan hasil budidaya semut rangrang yang stabil. Tempat budidaya dalam hal ini harus bisa terbukti dilakukan dimana saja. Karena memang berasar iklim dan keadaan geografis kita yang beragam, maka didapat perbedaan hasil berbeda dari masing-masing tempat.

Kami dari Ternak Kroto Jogja terbuka untuk belajar bersama demi kemajuan budidaya. Masukan dari sedulur semua akan jadi bahan pertimbangan kami dalam riset dan penelitian. Berikut masukan tips dari group facebook ternak kroto jogja yg dapat kami tampilkan.

Trik ternak ratu semut dr Kang Zen dan Kang Mulya Hamid

Apa itu Trik Zen? Zen merupakan nick Facebook dari Zen Febri, Tentunya banyak Trik di Group TKJ (Ternak Kroto Jogja) Namun admin sengaja memilih trik ini untuk dishare kembali di website resmi TKJ. Proyek Riset dan pengembangan terus menerus dikerjakan, mari kita saling berbagi, mari kita tolong menolong demi dunia ternak kroto:

Trik Zen I membahas: Transplantasi pupae bagi koloni baru CalBron (Calon Ratu Brondol) untuk mempercepat pertumbuhan koloni dan mengurangi prosentase kematian CalBron.

Ternak Kroto

Percobaan Kang Zen Febri

Berikut adalah langkah transplantasi caltu dalam ternak

1. Ambil dan karantina CalTu (Calon Ratu) paska kawin terbang, hanya ambil caltu yg telah kawin, yg belum kawin jangan.
Bagaimana cara mengetahui CalTu telah/Baru Kawin? Caranya adalah pagi setelah Kawin-Terbang banyak yang jatuh, ambil dan dikumpulin dulu kemudian diletakkan di rak lain. Tunggu 1 hari, besoknya pasti kelihatan yang brondol brarti udah kawin, yg belum bisa dibalikin lagi di rak awal, biar kawin dulu.

2. Kasih daun segar agar kelembaban atmosfir karantina terjaga, hal ini akan menenangkan calbron (ga jg gpp/ optional)

3. Ambil pupae-pupae (Pupae: Kroto yang sudah hampir jadi semut) dari koloni lain (misal koloni A) 5-10 pupae untuk 1 ekor calbron

4. Tunggu perkembanganya. pupae-pupae akan dirawati oleh calbron sampe jadi semut. Metode ini sy kira cocok banget dikombinasikan dgn metode Master Mulya Hamid sesuai gambar di status.

Optional: transplantasi pekerja befer (betina fertil) setelah transplantasi pupae. jika anda ingin mendonorkan pekerja dr koloni lain jg gpp, dengan syarat pupae2 donor sudah menetas minimal 25% dan calbron dlm kondisi sehat (tdk sakit/lemas) karena kalau sakit/lemas ya tetep dibantai juga. Berikut adalah langkah2nya:

Setelah point 1-4 terlampaui sekarang tahap 5 (minim selang 1×24 jam dr transplantasi pupae):

5. Nah tadi disebut donor/transplantasi pupae dari koloni A kan, kini ambil pekerja yg ditengarai sebagai befer dari koloni B, ambil dari pekerja yg dekat sarang ratu disitu bnyak yg udah habis ngantri jatah sperma.
Kenapa befer? karena nanti biar ga memberatkan calbron karna calbron jatah sperma nya masih terbatas untuk dibagi-bagi. ngambilnya pake lidi, tusuk sate, dll (jgn pake tangan) supaya dia ga marah dan keluar feromon. Cukup tempel aja dan tunggu sampe ada yg naik lalu angkat lalu tunggu sampe dia diujung dan dekatkan ke CalBron (Calon Ratu Brondol) dengan posisi head to head.

Disini antena CalBron dan pekerja akan kontak dan saling merespon, lalu lepasin di zona karantina. Pekerja akan dgn cepat mengenali koloni baru yg sudah lengkap (ratu dan telur/semut) maka dia akan bersikap tatakrama sesuai keadaan,
walaupun di koloni awal dia komandan utama pekerjapun kalo disitu dia hanyalah semut dr koloni tamu yg harus tunduk pada koloni yg sudah lengkap (dia kalah lengkap) dan pekerja befer ini haruslah dari koloni B, sebab jika dia dr koloni A maka dia akan mengenali telur2 koloninya dan akan menganggap calbron perampok/pencuri telur2 koloninya.

6. Beri minum air gula 1 tetes per harinya.

Nah begitu sobat2 peternak, saya kira masalah keamanan dan keselamatan CalBron dimasa2 kritis nya telah terselesaikan. tinggal memikirkan cara mengawetkan usia dan kesehatan Calbron (Calon Ratu Brondol) sampai jadi ratu sempurna diperkirakan 2 sampai 3 bulan kelak, dan mari dipikir bareng2 untuk kelanjutan trik ternak kroto.

NB: point 1-5 telah saya test dan terbukti work gan. Dan point 1-4 boleh dipraktekan peternak2 secara umum, point 5 khusus bagi yg punya nyali dan suka freeestyle an. trims.

Ternak Kroto Jogja

Founder : Fajar Sesa

Post Author : Zen Febri – Ternak Kroto Jogja, Mulya Hamid

Photo : Zen Febri

Editor : Gung – Ternak Kroto Jogja

Print Friendly, PDF & Email