Teori Ujung Perburuan


Pernah menjumpai sekelompok semut berkumpul di pojok rak, ujung toples, atau bergelayutan di galah yang menonjol dalam rak?
Atau semut yg berputar-putar tanpa henti di sisi toples bulat?
Secara naluri semut meninggalkan jejak kepada semut lain, dan menjelajah tempat baru yang berhubungan dgn sarang utk ekspansi wilayah perburuan.
Desain rak dan penempatan toples sangat berpengaruh dgn konsentrasi koloni semut, karena distribusi makanan dan penyebaran koloni mengikuti alur jalan semut.
Pojok rak yang menonjol akan mengarahkan kawanan pemburu utk berkumpul dan kemudian bergelayutan.
Letak toples yang dekat pilar dan makanan akan lebih dulu dihuni semut. Dan sebagainya..

Pada koloni baru/pindahan: Butuh setidaknya 2x24 jam utk adaptasi pd pengiriman ektrem dan keadaan kandang baru sangat menentukan. Letakkan saja toples pindahan, jgn digeser2 lg, krn sentuhan dlm bentuk apapun akan mengintimidasi. Beri kesibukan dgn pakan hidup/serangga. Sediakan bbrp toples kosong utk pilihan suhu dan intensitas cahaya/udara. Jgn ada bagian yg menonjol pd rak krn akan memicu konsentrasi hamburan semut dan menjadi bergelantungan. Rak dgn dasar triplex lbh berpotensi penyebaran krn jalur ke tingkat bawah/atas harus lewat pinggir rak. Pd koloni lama: Terjadi krn intimidasi serius dr lingkungan, termasuk panas dan hujan. Stok toples kurang, biasa terjadi sesaat setelah larva menetas krn terjadi ledakan koloni. Stok pakan kurang, terutama air gula. Ada jembatan dr rak ke arah lain. Misal daun jatuh atau yg lainnya. Kericuhan dlm satu rak akan memicu kericuhan pd rak lain yg berdekatan meski tidak terhubung.

Ilustrasi Semut Terjun, Oleh Sesa D’Vara

Pos Jaga
Dalam usaha perburuan/sesobo, jika dalam satu titik ujung perburuan ditemukan benda yang memungkinkan dibuat sarang maka akan dibuat semacam pos perburuan. Jika tidak memungkinkan? Nah…! pemburu akan melanjutkan perjalanan dengan cara apapun. Meskipun beresiko, contohnya, Semut bergelayut dan terjun! Fatal…!!
Untuk desain rak tumpuk, beri 1 toples koloni pada tiap pojok rak bawah sebagai
pos agar perjalanan semut tidak berujung. Jangan sampai dibiarkan kosong….

Teori ujung perburuan lebih sering kita jumpai pada perpindahan habitat misalnya dari alam ke habitat rak-rakan.

Good Luck!!

Print Friendly, PDF & Email

Related Images: