Semut Terjun

Semut rangrang dengan sistem budidaya di dalam rak sering kabur dengan berbagai cara. Semut terjun salah satunya. Apa yang menjadi penyebabnya? Bagaimana solusinya?

Semut Terjun

Ada beberapa penyebab semut terjun dari atas rak budidaya, dan intensitasnya juga berbeda meskipun sedikit banyak tetap mempengaruhi pertumbuhan jumlah koloni.

Pada Koloni Baru atau Pindahan:
Butuh setidaknya 2×24 jam untuk adaptasi pada pengiriman ektrem dan keadaan kandang baru sangat menentukan. Adaptasi terhadap kandang baru sering menciptakan konsentrasi semut pada sudut rak yang akhirnya memicu semut terjun.
Letakkan saja toples pindahan, jangan digeser-geser lagi, karena sentuhan dalam bentuk apapun akan mengintimidasi.Sebelum toples dibuka ada baiknya rak dipersiapkan air gula yg sebagian air gula tersebut dioleskan pada rak agar semut nantinya mudah menemukan jalur ke arah minuman.
Beri kesibukan dengan pakan hidup/serangga. Sediakan beberapa toples kosong untuk pilihan suhu dan intensitas cahaya/udara. Jangan ada bagian yg menonjol pd rak karena akan memicu konsentrasi hamburan semut dan menjadi bergelantungan. Rak dengan dasar triplex lebih berpotensi penyebaran karena jalur ke tingkat bawah/atas harus lewat pinggir rak.

Pada Koloni Lama:
Terjadi karena intimidasi serius dari lingkungan, termasuk panas dan hujan.
Stok toples kurang, biasa terjadi sesaat setelah larva menetas karena terjadi ledakan koloni.
Stok pakan kurang, terutama air gula. Dalam hal ini semut akan berasumsi bahwa stok pakan dalam koloni menipis sehingga perlu mencari lahan perburuan baru, dan karena luasan rak terbatas maka semut dari berbagai arah biasanya akan berkumpul di sudut rak dan akhirnya memicu semut terjun.
Ada jembatan dari rak ke arah lain. Misal daun jatuh atau yang lainnya. Jika ada bbrp ekor saja yang berhasil menyeberang maka akan mengirim signal dan memancing semut lain menjadi agresif.

857942_749942931688589_810347526_ofddduKericuhan dalam satu rak akan memicu kericuhan pada rak lain yang berdekatan meski tidak terhubung. Aroma feromon dari semut dengan mudah dapat diketahui semut lain meskipun tidak terhubung secara langsung.

 

Semoga Berhasil Kawan.!

Related Images: