Pemindaian Toples Kroto Sebelum Panen

panen

Contoh wadah tempat panen

Beberapa hal wajib dipersiapkan sebelum panen. Sebelum proses pemanenan semut rangrang penghasil kroto, pemindaian hendaknya dilakukan. Pemilahan toples perlu dilakukan agar pada saat pemanenan dapat berlangsung cepat dan mengurangi intimidasi kepada koloni.

Khususnya pada budidaya kroto dengan sistem rak, pemindaian media lebih mudah dilakukan. Hal ini sangat penting dilakukan, karena tidak semua toples/media sarang difungsikan untuk sarang tempat kroto yg siap panen.

 

Dari keseluruhan toples, maksimal hanya 60% yang berfungsi optimal sebagai sarang tempat kroto atau pupa dewasa yg siap kita ambil. Toples atau media lain berfungsi sebagai sarang ratu, penampung makanan, tempat larva, atau bahkan hanya sebagai pos. Beberapa toples juga berfungsi hanya sebagai tempat berlindung saja.
Tidak perlu kita ambil pusing karena alih fungsi toples akan dilakukan semut sendiri setelah perubahan tata letak atau isi populasi semut rangrang berbeda jumlah. Perlunya pemilihan dan penyiapan toples yang siap dipanen adalah untuk meminimalisir kekacauan yg kita buat, agar alih fungsi toples berlangsung cepat. Adaptasi koloni semakin mudah dan kita dapat jeda ketidak normalan lebih singkat.
Pemindaian lebih mudah dilakukan pada malam hari. Pada saat malam kroto siap dipanen akan terlihat jelas di pinggir toples. Hendaknya kandang dalam posisi gelap sebelumnya. Pada siang hari kroto akan lebih banyak disembunyikan di dalam sarang sehingga tertutup kerumunan dan labirin sarang. Meski begitu, ini bukan berarti semut lebih suka gelap, karena memang semua makhluk hidup membutuhkan sinar matahari. Khususnya untuk semut rangrang, baik itu larva maupun semut dewasa tetap membutuhkan intensitas cahaya, meskipun bukan sinar matahari langsung.
Selain pemilihan isian kroto, pemindaian toples sebelum panen juga dengan pertimbangan kemudahan kita dalam melakukan proses pemanenan. Persiapan tempat panen serta wadah dan alat-alat yang digunakan juga layak diperhatikan.
Panen

Video proses pemisahan kroto muda dan kroto dewasa sebelum panen agar memudahkan proses pengambilan telur dan agar pada saat pemanenan dilakukan tidak mengganggu toples-toples kroto lain yg masih belum cukup umur.

 

Print Friendly, PDF & Email

Related Images: