Persiapan Rak Budidaya Kroto

Budidaya kroto seperti halnya ternak lain pada umumnya perlu aneka macam persiapan. Diantaranya rak budidaya kroto.

rak budidaya krotobudidaya kroto kandang budidaya kroto

Karena kecenderungan semut naik ke atas, sebaiknya rak budidaya kroto cukup 1 atau dua tingkat saja. Ditambah tingkat paling bawah sebagai tempat meletakkan makanan, minuman, dan lahan perburuan. Rak kroto yg terbawah dibuat rapat, bisa dgn triplex ataupun bahan lain untuk menjaga semut/makanan agar tidak jatuh ke bawah.
Rak budidaya kroto bagian atas, sebagai tempat toples dibuat dgn bambu. Selain murah, kuat, juga banyak celah sehingga semut mudah keluar masuk sarang. Ini juga agar waktu perpindahan toples semut tidak terjepit.

Rak Budidaya Kroto

Lajur belakang berfungsi agar sosialisasi semut antar baris berjalan lancar. Mempersingkat jalur perburuan semut ke lapisan rak kroto bawah dan sebaliknya.
Gambar contoh berukuran 180 X 60, cukup untuk  sekitar 120 toples sosis, dibagi pada dua tingkat masing-masing 60 toples. Idealnya diberi setidaknya 10 ekor ratu semut.

Ukuran rak kroto tidaklah mutlak. Kita sesuaikan saja dengan tinggi badan kita agar pengelolaan lebih mudah. Penyesuaian selanjutnya adalah dengan ketersediaan tempat dimana kandang kroto dibuat.

Di KrotoJogja, rak kandang kroto kami buat rata-rata berukuran 180 cm x 60 cm, dengan tinggi sekitar 140 cm. Lebar rak 60 cm adalah dengan pertimbangan jangkauan tangan orang dewasa pada umumnya. Dengan tinggi badan kita, jangkauan mudah adalah sekitar 60 cm agar badan tidak menyentuh rak ketika kita menjangkau sarang yang paling jauh. Ketinggian pun dengan pertimbangan yang sama. Selain itu memang demi efektifitas, karena ukuran triplex pabrik adalah 122cmx244cm. Agar tidak ada yang terbuang sia-sia. Panjang rak bebas, menyesuaikan ketersediaan dan kekuatan kayu agar tidak terjadi lengkungan.

Pada prakteknya nanti ketika mengelola semut, kita tidak bisa berlama-lama memegang sarang. Agresifitas semut sangatlah tinggi. Jadi berbagai kemudahan dalam mengelola kandang akan sangat membantu.

Lebih jelasnya lihat di kandang  Kroto Jogja RT 02 Patihan, Sanden, Bantul, Jogja, 700m sebelum gerbang TPR Pantai Goa Cemara

 

Print Friendly, PDF & Email

Related Images: