Mengamankan Calon Ratu Semut dari Alam

Calon ratu semut dapat banyak kita jumpai pada periode tertentu. Yakni kisaran sepertiga akhir musim kemarau. Bentuk fisik calon ratu semut kira-kira sebesar tawon dan bersayap.

calon ratu semut

Box penampungan calon ratu dari kardus bekas


Banyak dr kita yg ngebet pengen punya ratu, dan meningkatkan volume perburuan. Stock ratu di alam semakin menipis krn perburuan, dikhawatirkan ada efek berantai munculnya hama secara besar-besaran.
Banyak jg yg mencoba menangkarkan calon ratu dr alam, dan akhirnya calon ratu hanya mati sia-sia terbantai.

Breeding ratu jauh lebih sulit drpd sekedar menangkarkan semut. Selain proses adaptasi, calon ratu juga harus melewati seleksi dari koloni. Pemahaman tentang keseimbangan komponen koloni mutlak diperlukan.

Dgn ilmu yg terbatas, perburuan hanya akan mempercepat kepunahan. Dalam waktu 1,5 tahun pemeliharaan oleh peternak profesional calon ratu dr alam hanya akan jadi ratu tidak melebihi 2%.
Perburuan calon ratu sudah terlambat. Idealnya perburuan calon ratu adalah akhir musim kemarau, jd kita dapatkan larva calon ratu serta indukan-indukan yg telah siap dgn hormon larva ratu. Larva akan lbh mudah adaptasi di dalam habitat toples, dan eksodus koloni akan membuat caltu di media toples.
Solusinya?


Karena periode ratu tidak sama tiap daerahnya, maka baiknya kita ambil aman dgn menunda perburuan sampai sekitar awal Juli. Menunggu ratu jadi di alam.
Ah tapi keburu diambil orang to?. Nah ada sedikit solusi, siapkan rak kecil dalam jumlah banyak. Kira-kira 50×50. Siapkan kardus besar pd masing2 rak (nek nggonku kerdus rokok). Pada satu blok wilayah perburuan yg pohonnya masih bersinggungan semut buruan kita jadikan satu dalam satu wadah karung. Pisahkan hasil buruan dr blok lain ke dalam karung lain.Begitu seterusnya.

 

Penanganan Calon Ratu Semut

Semut hasil buruan dr alam tadi kita masukkan kedalam kardus. Masing2 satu karung ke dalam satu kardus di atas rak yg sudah kita siapkan tadi. Tanpa proses embel2 dan perlakuan macem2, langsung ditaruh saja. Beri makan dan minum seperti biasa. Pd sistem ini kemungkinan ratu jadi 5%.
Selamat mencoba…

Print Friendly, PDF & Email