Ratu – Menangkap Semut Liar dengan Ratu Semut

Seringkali terdapat semut pekerja berkeliaran diluar rak semut kita, dan kita sangka itu adalah semut budidaya yang terlepas. Kemungkinan besar memang begitu, namun jika kandang semut kroto berada di lingkungan pepohonan bisa jadi semut tersebut bukan berasal dari rak, tapi semut liar dari lingkungan yang berkeliaran mendekat ke kandang karena tertarik dengan ratu di rak.

Secara alami ratu semut mempunyai daya tarik hebat terhadap prajurit atau pekerja, baik itu dari koloni maupun yang berasal dari luar koloninya. Jangkauan beragam, mulai dari beberapa meter sampai puluhan bahkan ratusan meter tergantung lingkungan.

Jangkauan aroma pengenal sangat tergantung dari penyebaran koloni, arah angin, dan kontaminasi ataupun isolasi ruang tempat koloni ratu tinggal. Pada daerah pedesaan dengan kontaminasi udara minimal, jangkauan bisa sangat jauh. Tak heran jika pekerja mempunyai daya jelajah luas dan tetap dapat kembali ke sarang koloni.

Aroma ini pula yang sebenarnya  menjadikannya sangat eksklusif kedudukannya dalam koloni semut rangrang penghasil kroto, karena tidak dipunyai kasta lain, atau bahkan caltu yang belum kawin. Dari kemampuan ini ratu bisa dengan mudah mendapatkan pekerja dari koloni lain atau bergabung dengan koloni baru tanpa mendapatkan penolakan kasar.

Bahkan dalam rak dengan isolasi air, pekerja dari koloni lain akan serta merta tertarik untuk berusaha menyeberang ke dalam rak tempat ratu tinggal. Itulah mengapa sering kita jumpai banyak pekerja berkeliaran di sekitar kandang kita, yang tidak kesemuanya berasal dari pekerja peliharaan kita yang tercecer.

ratu-dalam-toplesPernah karena keteledoran semut bubar masuk kamar tersebar kemana-mana? Gunakan ratu semut

Dari ulasan diatas kitaa bisa mengembangkan berbagai trik dengan menggunakan eksklusifitas tersebut.

Letakkan ratu semut di dalam toples dengan lubang kecil, dikira-kira ratu tidak bisa keluar tetapi semut pekerja bisa keluar masuk. Beri banyak lubang kecil agar aroma  mudah terdeteksi. Letakkan toples di kerumunan semut yg bubar, tunggu hingga semut berkerumun di sekitar toples wadah tadi.

Pindahkan ke rak.

Beres.

Hal ini jg berfungsi utk menangkap semut di alam.
Naruhnya toples di tempat teduh ya, trus amankan dari predator.

Related Images: