Kasta Semut

Seperti halnya serangga koloni lain, semut juga terbagi dalam berbagai kasta. Khususnya semut rangrang, kasta semut lebih sederhana. Terbagi menjadi ratu, pekerja/prajurit, perawat, dan pejantan.
Tidak seperti semut api atau serangga lain, pekerja dan prajurit semut rangrang notabene sama, baik secara tugas maupun penampakan fisik. Pada semut api atau rayap, prajurit mempunyai organ senjata yang dominan menonjol, seperti kepala sampai gigi semut.
Semut rangrang lebih fleksibel, pekerja maupun perawat mampu berfungsi sebagai prajurit kala situasi membutuhkan. Pejantan juga muncul hanya ketika calon ratu sudah menginjak dewasa membutuhkan pembuahan. Dan mati habis setelah perkawinan. Efektifitas kehidupan semut rangrang inilah yang membuat  bagus buat pertimbangan budidaya. Karena memang tak hanya semut ini yg mampu menghasilkan kroto. Ada banyak semut lain yg juga telurnya bagus utk kebutuhan suplemen pakan atau konsumsi.

Video penjelasan visual tentang kasta semut, mulai dari ratu semut, pejantan, pekerja/prajurit dan perawat. Beberapa artikel penjelasan detail kasta semut sudah kami tulis di bagian lain website KrotoJogja.
Kami juga membuat versi lainnya dari video ini.

  • Ratu
  • bibit-kroto-102-300x209Pekerja/Prajurit

857942_749942931688589_810347526_ofdddu

  • Perawat

bibit-kroto (111)

  • Semut Jantan
bibit-kroto (51)

Semut Jantan (hitam bersayap) dengan Calon Ratu

Penjelasan tentang masing-masing kasta dapat kita temukan pada artikel lain di website ini,monggo di baca satu persatu.

Ada banyak hal yg mendorong logika kita untuk mengeksplorasi cara ternak kroto berdasarkan kasta. Misalnya tentang kelengkapan kasta karena masing-masing mempunyai fungsi pokok dalam kehidupan koloni.

Hal lain yang patut menjadi pertimbangan adalah periodik munculnya calon ratu dan pejantan. Ada baik dan buruknya musim calon ratu dan pejantan. Meskipun secara umum vital pada kelangsungan koloni semut, namun modifikasi periode ini juga memungkinkan efisiensi budidaya. Pejantan misalnya, jika dirasa ratu jadi sudah cukup memadai, maka dalam hal ini kehadiran pejantan tidak kita perlukan. Monggo diulang artikel tentang calon ratu dan pejantan pada bagian lain di website KrotoJogja.

Yang sering kita lupakan juga kehadiran semut perawat. Kecil dan jumlahnya lebih sedikit. Namun fungsi perawat sangatlah vital, karena ukuran mikro larva hanya dapat disuapi oleh perawat.

 

Kasta Semut : Subscribe Video Kami

kasta semut

Related Images: