Calon Ratu


Calon Ratu (caltu) adalah larva biasa yang karena asupan hormon akan tumbuh dengan ukuran lebih besar. Terlihat ketika larva umur 5 hr. Putih bening dengan ukuran menonjol. Usia 15 hr sudah terlihat organ tubuhnya, dan usia 17 hr menghitam sampai umur 25 hr sudah berjalan.

calon ratu

Calon ratu semut rangrang beserta semut pejantan

Muncul sekali dalam setahun, kisaran sepertiga akhir musim kemarau. Kemunculan caltu ini kemudian disusul semut pejantan. Musim ini bisa disebut juga paceklik kroto bagi peternak semut rangrang. Selain muncul dalam jumlah banyak, sifat alamiah caltu yang tidak bisa mencari mangsa sendiri terlalu membebani pekerja koloni.

Periode caltu tidak selalu bersamaan dalam beberapa daerah. Namun akhir dari dari periode ini selalu pada kisaran minggu pertama musim hujan stabil. Ditandai dengan prosesi kawin terbang antara caltu dan pejantan. Sistem perkawinan unik ini alamiah, terjadi pada hampir semua serangga koloni.

Ciri Fisik Calon Ratu

Ukuran caltu antara 7-15 kali lipat ukuran semut pekerja. Perut masih gepeng warna hitam kekuningan. Sayap masih agak kisut, belum kemilau. Umur 1-2,5 bulan perut membulat, badan semakin kemilau dan kehijauan. Sudah mulai bergaul dgn pejantan(hitam kecil bersayap.

Umur 3 bulan berangsur dr hijau ke warna kuning kemilau, sudah mulai bertelur meskipun masih sedikit. Diatas 5 bulan  warna perutnya mulai terlihat kusam hingga umur 6-8 bulan mulai terlihat menghampiri pejantan.
Setelah perkawinan dgn penjantan mk pejantan akan mati, dan berangsur calon ratu membesar perutnya agak kuning kusam bergaris hitam pada usia 9 bulan ke atas. Sayapnya rontok. Inilah ratu sesungguhnya.

 

Kesimpulan:
Pada periode larva calon ratu produksi kroto berkurang karena pekerja terkuras untuk menyuapi calon ratu dan pejantan.
Bila kondisi koloni tidak balance antara jumlah pekerja, pejantan, caltu, semut kecil pemelihara, suplai pakan dan tempat utk koloni baru maka calon ratu dan pejantan akan DIBANTAI.
Ratu bukanlah pemimpin, hanya petelur. Pengatur komando tetap ada pada semut pekerja.

Print Friendly, PDF & Email

Related Images: