Box Perburuan Semut

1233122_10200424587592650_171750229_ofdfdBuat box perburuan semut dr triplex atau bilah bambu yg dilapisi karung/kardus. Yg penting semut tidak bisa tercecer.


Ukuran 50 X 100 dgn kedalaman 50 sudah cukup. Makin besar makin leluasa dan muatan sarang dr perburuan semakin banyak.
Hasil sarang buruan dr alam yg kita bawa dengan karung/plastik dimasukkan ke box bersamaan. Usahakan sore hari saat suhu tidak panas.
Beri anyaman kawat/bambu/besi di sebagian atas box perburuan semut. Untuk meletakkan toples/kardus/media apapun. Fungsinya agar letaknya tetap lebih tinggi. Anyaman lbh efektif krn banyak lubang ke arah toples. Sehingga memudahkan jalur.

Untuk toples besar/kardus bisa dipercepat dgn memasukkan beberapa sarang yg masih utuh. Fungsinya untuk memancing agar semut mempunyai jalur ke arah sarang dominan. Semut panik selama mobilitas kita berburu dan tidak menemukan jalur ke arah sarang permanen. Bisa juga pancingan dgn semut lama yang sudah bersarang di dalam toples.


Setelah pancingan diletakkan, toples/kardus di atas box jgn disentuh atau digoyang krn akan mengganggu proses perajutan dan adaptasi dgn sesama semut dr lain sarang.
Semakin banyak sarang semakin mudah teori ini dilakukan. Koloni dibawah 1 liter hanya akan habis berkelahi. Jadi ada baiknya sarang kecil ditinggalkan saja kalau tidak ada sarang-sarang lain yg berisi banyak semut.
Proses ini berlangsung semalaman. Sesekali intimidasi bagian bawah box tempat penampung. Dipukul-pukul atau dispray dgn sedikit air murni.

Sore hari berikutnya baru buruan dr alam yg sudah masuk media bisa dipindahkan ke koloni rak lama.
Kita harus menunggu semut dr alam tenang krn jika langsung kita campurkan saat siaga keagresifan semut buruan akan memicu perkelahian dgn koloni lama. Fatal.
Baca trik menyatukan semut beda koloni

“Harus sabar dan telaten. Ora wedi dicokot. Nek pengen cepet, ambil saja di kandang saya. Ning mbayar”

Related Images: