Panduan Setelah Membeli Bibit Kroto

Melanjutkan posting sebelumnya mengenai Ketergantungan Peternak Akan Media Toples Sosis kali ini kita akan membahas bagaimana setelah anda membeli bibit semut dan cara pengembang biakan agar lebih baik.

Ada baiknya kita rencanakan terlebih dahulu apakah kita nantinya akan menjual Kroto atau Bibit Kroto, atau dua-duanya? ini penting untuk pemilihan media juga untuk pembagian bibit. Berikut tips dan opsi pengembang biakan semut kroto.

 

1. Rak Semut

panduan setelah membeli bibit kroto

Pengembang biakan bibit kroto menggunakan Rak Semut cocok untuk rencana penjualan bibit kroto. Gunakan rak semut untuk menampung sebagian bibit semut kroto pastikan kaki pada rak sudah ada pengaman seperti (Bak berisi air / oli ) jika rak tidak berada pada kolam ikan seperti posting saya yang lalu.

Jika dipastikan rak sudah dalam keadaan aman, maka selanjutnya dipersiapkan makanan dan minuman, jumlahnya jangan terlalu banyak dahulu. Jenis dan pemberian makanan dan minuman saya ulas dalam artikel Pakan Semut di web ini.

Jika rak semut rangrang adalah rak baru, maka otomatis semut belum mempunyai jalur ke arah makanan dan minuman. Setelah makanan dan minuman diletakkan, buka beberapa toples agar semut segera mencari makanan dan minuman. Setelah makanan dan minuman ditemukan, baru kita buka semua toples bibit yang ada.

Untuk menemukan jalur ke arah minuman, bisa kita bantu dengan mengoleskan air gula ke arah wadah minum. Tujuannya agar semut gampang menemukan, dan akhirnya berbondong-bondong membentuk jalur ke arah wadah minum.

Penempatan atau pengembang biakan bibit kroto pada rak bertujuan agar memudahkan anda untuk memelihara dan mengamati perkembangan semut rangrang.

Pastikan secara perlahan toples yang berisi Ratu semut Kroto dipindahkan terlebih dahulu sebelum toples-toples yang lain. Diletakkan dekat dengan wadah minum. Karena ratu semut rangrang merupakan center point, ini penting untuk menghindari semut berhamburan di rak. Kemudian selanjutnya pindahkan bibit kroto yang lain.

 

2. Lahan Semi alam

bibit semut

Contoh sarang semut

Semi alam cocok untuk planning penjualan Kroto, Memang pakan semut sudah kita sediakan akan tetapi mungkin kita tidak tahu kebutuhan semut untuk bergairah dan berkembang dengan baik. Semi alam adalah yang terbaik, selain tidak terlalu repotnya dalam memelihara opsi yang kedua ini juga bisa mendatangkan makanan semut dengan sendirinya. Lalu tumbuhan / pohon apakah yang cocok untuk Ternak Semut Semi Alam? Mudah saja, kita banyak menjumpai sarang semut rang-rang pada pohon yang memiliki bunga atau buah selain kelebatan daun dari pohon itu sendiri. Contohnya di daerah saya pada pohon Mangga, pohon Melinjo, Rambutan, Mahoni tak jarang saya juga menjumpai sarang semut pada pohon Jabon (Jati Tahunan) daunnya yang lebar membuat semut rang-rang ini aman dari hujan dan terik matahari atau anda bisa mengaplikasikan pada tabulampot. Persiapan media budidaya semut rangrang dengan metode semi alam kita bahas dalam artikel selanjutnya.

Pertama-tama cari pohon yang tidak terlalu tinggi atau besar, jika terlalu tinggi anda bisa memangkasnya. Sebagai contoh disini memakai pohon mangga karena mudah untuk dicari dan banyak yang jual bibit mangga yang sudah lumayan besar dan banyak daunya. Kemudian pindahkan kedalam pot yang sesuai. Jika anda berhak atas lahan luas anda cukup menanam pohon tersebut pada lahan tersebut dan membuat pagar disekelilingnya, tetapi jika lahan sempit anda bisa mengaplikasinya diatas kolam dengan membuat andang dari kayu atau papan untuk menopang pot pot pohon mangga tersebut.

 

Jika sudah siap kemudian pindahkan sebagian sisa bibit semut kroto ke pohon mangga tersebut, dengan cara cukup meletakkan toples-toples bibit kroto tersebut dibawah pohon mangga. Jangan lupa pindahkan toples yang ada ratunya terlebih dahulu sebagai penghormatan dan penentuan tempat bersarang koloni. Semut akan dengan sendirinya pindah dan membuat sarang pada pohon mangga tersebut. Dan fungsi dari kolam adalah untuk mencegah semut keluar area pembibitan.

 

Kelemahan dan kelebihan metode ini kita ulas dalam Seri Metode Semi Alam, Kelemahan dan Kelebihan.

Bibit Semut Kroto

Selamat mencoba kawan dan Terimakasih telah sharing bersama di group TKJ.